Tips Kehidupan anak kos agar tidak boros

  1. Kurangi menyimpan stok makanan, anak kost biasanya punya stok banyak makanan dan jajanan misalnya mie instan, cemilan kripik dll yang sebenarnya tidak sehat, ujungnya nanti dimakan tengah malam atau lagi gabut, kehidupan di kost itu hampa, pelariannya biasanya makan dan menghabiskan stok makanan yang tidak sehat itu dan hanya menambah kalori. Jika ingin stok makanan, usahakan yang sehat misalnya buah, sayur dll apalagi jika di kost ada kulkas bisa banget dimanfaatkan.
  2. Beli panci listrik buat masak, ada yang harganya under 100k. Banyak pilihan lain. Atau cukup bawa rice cooker mini selain buat masak nasi, buat masak lauk juga bisa.
  3. Minum pakai isi ulang galon jauhh lebih hemat, efektif dan efisien dibanding anda membeli minuman botolan.
  4. Ganti cemilan jajanan junkfood dan yang micin micin dengan buah, selain sehat harga buah sebenarnya lebih murah. Anda membeli batagor 5k bisa dapat setengah kg buah jambu, jadilah anak kost yang sehat.
  5. Membeli rames nasi sayur juga lebih murah dan pastinya lebih sehat (jika merasa ribet masak sendiri) dibanding DO makanan yang kebanyakan menunya nasi ayam (kurang sehat)
  6. Cuci pakaian sendiri, nyuci baju itu gampang, kecuali jika keseharian anda bermain lumpur yang membuat pakaian sangat kotor. Ini membantu menghemat uang, daripada laundry.
  7. Campurkan sabun pencuci piring yang harganya hanya 2000 ke dalam botol minuman, lubangi tutup botolnya dan larutkan dengan air. Ini bisa menghemat sabun banget kalau nyuci piring.
  8. Tidak perlu memakai pewangi pakaian ketika mencuci dan menyetrika, cukup memakai parfum saja. Selain untuk menghemat, ketika anda memakai ketiganya, aroma wewangian itu akan campur aduk, kecuali jika anda memakai pewangi pakaian ketika mencuci, menyetrika, dan parfum dengan 1 aroma yang sama.
  9. Tidak perlu membawa barang atau baju ke kost terlalu banyak, selain menuh menuhin ruangan kost, ketika hendak meninggalkan kost bakal ribet mengangkut barang.
  10. Kumpulkan karet jika anda makan nasi rames berkaret, dan juga kumpulkan plastik-plastik kresek setelah anda membeli apapun. Jangan langsung membuang plastik kresek, selain boros dan nyampah hal ini bisa anda gunakan untuk 1 kebaikan yaitu berikan plastik-plastik kresek & karet yang sudah kamu kumpulkan itu ke pedagang, ini bisa sangat bermanfaat bagi mereka, juga bermanfaat bagi lingkungan.
  11. Catat perihal keuangan anda
  12. Sisihkan uang 20k untuk membeli makanan kucing ada yang dapat 1 kg. Ini berguna juga, daripada anda gabut di kost dan ujungnya mendengar lagu galau sambil overthinking anda bisa mencari kegiatan lain misalnya memberi makan kucing liar. Kadang juga biasanya ada kucing lewat bisa anda berikan makanan kucing itu. 1 kg makanan kucing itu banyak. Dengan 1 kg itu anda bisa membantu mempertahankan hidup beberapa makhluk hidup lain. Simpan baik-baik makanan kucing itu biar tidak basah dan terpakai kapanpun. (Biasanya saya masukan ke botol bekas minuman kecil untuk saya taruh tas ketika berpergian, jadi ketika melihat kucing di jalanan saya kasihkan mereka, sempat dulu ada 1 kucing yang hafal kamar kost saya dan selama 3 hari berturut-turut mendatangi kamar saya untuk minta makan, sayangnya saat itu tepat saya mau keluar kost).

Dulu saya selalu melipat plastik kresek seperti ini dan saya kumpulkan sampai dapat banyak.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »