Ini dia Perbedaan agama Konghucu dengan Budha

 AGAMA KHONGHUCU BERASAL DARI BUDDHA: SEBUAH CATATAN PERKULIAHAN

Pertama harus dikoreksi adalah penulisan konghucu, seharusnya ditulis dengan huruf besar pada huruf pertama. penulisan agama Budha, sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia seharusnya adalah agama Buddha.

Perbedaannya:

  1. Ajaran Buddha dianggap sebagai agama dibanyak negara, Agama Konghucu dianggap agama di Indonesia dan mungkin di beberapa negara lainnya. Di tempat lahirnyapun (di Tiongkok) bukan dianggap agama.
  2. Agama Buddha diajarkan oleh Sidharta Gautama yang lahir di Nepal (sekarang) diajarkan di India (sekarang) pada 563–483 SM. Agama Konghucu dajarkan oleh Kong Fu Tze atau Konfusius diajarkan di Tiongkok tahun 551–479 SM.
  3. Agama Buddha mengajarkan mengenai bagaimana membebaskan diri dari dukkha (ketidakpuasan, beban kehidupan, penderitaan). Agama Konghucu mengajarkan etika dan hubungan antara Tuhan, manusia, antar anggota keluarga, masyarakat.
  4. Umat Buddha dibagi menjadi dua, umat biasa dan bhikkhu / bhiksu. Persamuan / organisasi para bikkhu / bhiksu disebut Sangha, yang dapat dikatakan sebagai organisasi tertua di dunia, didirikan oleh Buddha Gautama sendiri dan terus bertahan sampai sekarang. Agama Khonghucu secara organisasi tidak ada. Seorang Bikkhu harus berlatih dengan 227 aturan bahkan ada yang lebih. Umat biasa berlatih dengan 5 aturan moralias yaitu:
    1. Berlatih tidak membunuh makhluk hidup
    2. Berlatih tidak mengambil barang yang bukan miliknya
    3. Berlatih tidak melakukan tidakan asusia, selingkuh dan semacamnya
    4. Berlatih tidak mengucapkan hal yang tidak benar, tidak jujur, berkata kasar
    5. Berlatih tidak mengkonsumsi makanan / minuman yang mengakibatkan rendahnya kesadaran (mabuk).
  5. Kitab suci agama Buddha adalah Tripitaka / Tipitaka , yang isinya ajaran Buddha Gautama selama 45 tahun mengajar. Agama Konghucu kitab sucinya adalah Sishu wujing

  1. Ada kebingungan jika melihat kelenteng, di dalamnya banyak altar dewa-dewa dengan berbagai macam bentuk. Dewa yang ada di altar jarang ada Konghucu, lebih banyak dewa-dewa lain. Kadang juga ada altar Buddha. Kelenteng sebenarnya adalah rumah ibadah keturunan Tionghoa, yang menghormati para leluhur mereka atau orang-orang yang dulu pernah ada dan berbuat sesuatu yang sangat baik sehingga terus dihormati sampai sekarang.
  2. Tempat ibadah Agama Buddha adalah Vihara (untuk gedung yang besar dan ada bhiksu yang menetap) atau Cetiya (untuk gedung yang kecil). Rumah ibadah Agama Konghucu disebut litang.
  3. Hari besar Agama Konghucu adalah Tahun Baru Imlek, di Tiongkok Tahun Baru Imlek tidak ada kaitannya dengan agama apapun, karena di sana semua hari libur terkait dengan sejarah negara atau kebudayaan mereka. Hari besar Agama Buddha adalah Hari Tri Suci Waisak memperingati kelahiran, pencerahan dan parinibana/meninggalnya Buddha Gautama biasa jatuh pada bulan purnama pada bulan Mei, Hari Asadha memperingati pertama kali Buddha Gautama mengajar bulan purnama sekitar dua bulan setelah hari Waisak. Hari Khatina adalah hari dimana para bhiksu selesai melakukan masa Vasa. Masa Vasa adalah para bhiksu harus berdiam di satu tempat selama 3 bulan karena musim hujan (sesuai tradisi India), dan mereka belajar dan memperdalam pengetahuannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »