Yuk Simak Cara Mendapatkan uang dari aplikasi Pinterest

 Pinterest: Trend Sosial Media Terbaru Dunia - Kompasiana.com

 

 Bukan hanya pinterest, dalam era digital ini kamu bisa memanfaatkan apapun biar bisa jadi cuan kok. Selama kamu paham bagaimana internet bekerja, saya pastikan kamu bisa mudah memahami apa yang akan saya sampaikan.

Sosial media, adalah terobosan sederhana yang mampu mengubah kultural global dalam berkoneksi, menghubungkan satu orang dengan lainnya, satu pasang mata dengan pasang mata lainnya, hingga menghubungkan antara penawaran dan permintaan.

Siapa sangka platform yang dulunya dibuat untuk menghubungkan orang dengan mudah dan cepat, menjadi pasar modern yang turut andil dalam poros kegiatan ekonomi.

Facebook dan Instagram adalah contoh media sosial yang sukses, fungsi dari platform tersebut kurang lebih sama, dimana Instagram adalah platform berbagi gambar/video dengan disertai caption, sedangkan Facebook memiliki fitur yang lebih fleksibel (bisa update tanpa harus ada foto/video). Keduanya sama-sama memiliki jumlah pengguna aktif yang tinggi, berkat Khas dari masing-masing dan algoritma yang terus mereka perbarui untuk terus menemukan titik terbaik dalam sisi engagement.

Intinya, kedua media sosial itu memiliki pengguna aktif tiap harinya, yang mana bisa terhubung meski tidak terkoneksi secara langsung (misal: bukan follower), melalui algoritma masing-masing.

Berikut adalah data platform sosial media yang paling digunakan per Januari 2020 di Indonesia.[1]



Data tersebut saya dapatkan dari Hootsuite, lebih lengkap mengenai data per-sosmed-an duniawi tersebut bisa kalian cek disini Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2020

.

    Lah, itukan Facebook dan Instagram emang ramai, kalau pinterest apa bisa?

Bisa, meski secara tidak langsung.

    Apa maksudnya tidak langsung?

Begini, kita umpamakan ada Pinterest, Blog dan Instagram, secara langsung artinya kamu mendapatkan uang langsung dari karya yang ada di platform tersebut, misalkan, kamu jadi selebgram di Instagram, kemudian ada tawaran endorsement, nah itu yang saya maksud dengan secara langsung. nah, sedangkan tidak langsung itu seperti ini, misalnya, kamu punya blog yang sudah ter-monetize (Baik Adsense, MGID, atau yang lainnya) atau terintegrasi dengan pihak periklanan, kemudian kamu butuh traffic atau visitor, nah, pinterest ini bisa jadi sumber traffic loh, dan cukup ramai.

    Loh, kalau cari traffic begitu, kenapa tidak lewat Facebook atau Instagram saja? Peringkatnya kan jauh lebih tinggi dari Pinterest.

Benar, Coba lihat data diatas, pinterest berada di urutan ke 9 dari 16 platform yang di sampel-kan. Berada tepat di bawah LinkedIn, dilihat dari tujuan, memang pinterest bukan untuk menghubungkan lingkungan sosial antar pengguna, malah lebih condong ke per-komunitas-an gambar menggambar. Penggunaanya juga jauh dibawah Facebook, dan Instagram. tapi, pinterest memiliki kelebihan sebagai sumber traffic, diantaranya yakni:

    Mengizinkan adanya link pada gambar yang di-upload, berbeda dengan Instagram yang meminimalkan adanya link keluar dari app, sehingga menetralkan semua link yang di tambahkan, baik pada caption, bio, komentar, dan hanya bisa digunakan di beberapa tempat yang dikhususkan oleh pihak Instagram. Facebook, masih mengijinkan adanya link keluar, namun sistem spam mereka sangat ketat dan buruk, sehingga kebanyakan web dengan domain gratisan atau baru mudah dideteksi spam.
    Mudah muncul di pencarian Google, Apapun keywordnya, kalau SEO-nya bagus, bisa jadi jembatan antara permasalahan peselancar dengan blog kita. Bagusnya lagi, gambar yang kita upload dapat mengandung link yang mengarah ke blog kita, sehingga pengunjung bisa diarahkan lagi ke blog kita yang memiliki informasi lebih lengkap.

Sementara hanya 2 itu yang ingin saya sampaikan, selebihnya kamu bisa explore sendiri.

Kesimpulan dari catatan saya diatas, kurang lebih bahwa Pinterest dapat menjadi sumber traffic untuk berbagai media yang kita gunakan untuk berbisnis. Semisal melalui contoh yang saya jabarkan sebelumnya, ada yang namanya Pinterest to Blog, yang mana memanfaatkan pencarian gambar dan menyisipkan link untuk redirect ke situs kita.

Mungkin nantinya kamu juga bisa,

    Pinterest to Shopee
    Pinterest to Instagram
    Pinterest to Any Platform You Have

Singkatnya kamu bisa melakukan link building dari Pinterest ke berbagai app.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »