Mengapa Filipina Kurang begitu populer di bicarakan oleh netizen Indonesia di banding negara Tetangga

Jika konteks "dibicarakan" di sini merujuk pada perbincangan di sosial media, maka saya secara pribadi merasa beberapa faktor di bawah ini adalah penyebabnya.

  1. Australia adalah negara maju yang menawarkan banyak hal, mulai dari wisata, pekerjaan, hingga beasiswa yang sangat menarik bagi warga Indonesia.
  2. Timor Leste memang tidak menawarkan hal-hal baik untuk warga Indonesia seperti Australia. Namun perlu diketahui bahwa Timor Leste dari tahun 1970-an hingga tahun 2002 menjadi anggota dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kemudian dimerdekakan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2002. Pada masa-masa "penjajahan" tersebut banyak konflik antara Indonesia dan Timor Leste. Oleh sebab itu tidak akan membosankan jika kita terus membicarakan Timor Leste.
  3. Malaysia adalah negara yang punya kedekatan kultur dengan masyarakat Indonesia di wilayah Barat. Oleh sebab itu kita tidak akan merasa begitu asing dengan kebudayaan orang-orang Malaysia. Selain itu konflik yang pernah terjadi antara Indonesia dan Malaysia di awal-awal kemerdekaan dulu juga memberikan warna tersendiri terhadap hubungan Indonesia dan Malaysia. Perlu diketahui bahwa saat ini pun Indonesia dan Malaysia khususnya warga negaranya di media sosial masih terus melakukan perdebatan mengenai klaim budaya dan sejarah. Saya rasa beberapa faktor di atas lah yang membuat Malaysia menjadi begitu menarik untuk dibicarakan.
  4. Kalau untuk Singapura sendiri saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar. Singapura negara yang kaya, maju, menjadi tren senter orang-orang di Asia Tenggara. Maka wajarlah jika negara tersebut banyak dibicarakan.

Lalu bagaimana dengan Filipina?

  1. Sebagian warga negara Indonesia menganggap Filipina itu tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Kondisi alamnya kondisi sosialnya dan bahkan juga bisa dikatakan bahwa Filipina ini jauh di bawah Indonesia.
  2. Penggambaran tentang Filipina yang kurang baik terutama tentang kondisi sosial dan bagaimana kumuhnya kotanya membuat kita menjadi enggan pergi ke sana. Selain itu, menurut beberapa sumber tiket berwisata ke Filipina juga sangat mahal.
  3. Tidak banyak pilihan kampus yang bisa dipilih untuk berkuliah beasiswa di Filipina.
  4. Salah satu hal yang bisa membuat negara tertentu menjadi terkenal adalah industri hiburannya. Saya kira Filipina belum punya industri hiburan yang sebagus Indonesia ataupun Thailand.

Kondisi Filipina

Oleh sebab itu, membahas Filipina akan sedikit terasa membosankan.

Namun perlu saya informasikan bahwa sebenarnya Filipina cukup menarik untuk dibicarakan.

Filipina adalah negara republik pertama yang merdeka dari jajahan barat di regional Asia Tenggara.

Filipina memiliki pembagian wilayah yang unik dan ada satu wilayah khusus untuk masyarakat Islam di Rehiyong Mindanao.

Zaman dahulu Filipina didominasi oleh Islam (1/2 wilayah) dan Hindu-Buddha-Animisme (1/2 wilayah). Namun setelah kedatangan Spanyol, Filipina berubah menjadi negara mayoritas Katolik. Ini semua karena kebijakan Reconquista.

Terdapat tren unik di Filipina, di mana banyak masyarakat Katolik yang mualaf menjadi Islam. Peristiwa ini disebut dengan "Balik Islam"

Suku di Filipina sangat beragam dan bahkan masyarakat Sulawesi bagian Utara memiliki kedekatan kultur dengan masyarakat Filipina.

Demikian, sekiranya dapat menjawab pertanyaan anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »