Sisi Lain presiden Soekarno yang belum banyak kita ketahui di balik kekuasaanya

 

  Presiden pertama yang paling disegani Barat itu? Allright, bagi kalian pemuja Soekarno, harap skip tulisan ini. Mengingat Bung Karno yang saya kenal bukanlah sosok Bung Karno yang saya baca dibuku sejarah nasional RI, sosok Bung Karno yang akan saya bahas disini merupakan sosok yang tidak terlalu baik dan tidak terlalu buruk. Ada beberapa literatur yang menceritakan undercover of Soekarno dari beberapa yang saya baca, akan saya jabarkan beberapa hal negatif dibalik sosok Soekarno

Oke, 1 2 3 kita mulai

  1.  Mandor Romusha

    Masih ingat buku sejarah LKS SD yang menceritakan kekejaman Romusha, siapa dalang yang mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut Romusha? Yap, orang ini lah dalangnya. Gugurnya ribuan orang atas kerja paksa membuat nama Soekarno menjadi hitam, paling tidak untuk kalangan sejarawan hingga saat ini, namun Bung Karno pada akhirnya mengaku menyesali kejadian tersebut dan perannya dalam mengerahkan rakyat Indonesia dalam romusha serta mengatakan "aku yang mengantarkan mereka berlayar menuju kematian".
    Hyper inflasi

2.   Hyper inflasi terjadi dipenghujung kepemimpinan Bung Karno, tepatnya ditahun 1960–1966, dalam turun waktu tersebut Indonesia mengalami nilai inflasi yang mencapai angka 592%-650%. Bayangkan, hari ini kita beli gorengan 1000 rupiah, lalu 5 tahun kedepan harga 1 gorengan mencapai 650 ribu rupiah, mengerikan bukan? Bukan hanya rakyat biasa, bahkan mantan wakil presiden Mohammad Hatta juga merasakan dampak inflasi secara langsung. Disebutkan dalam literatur sejarah, Bung Hatta gagal membeli mesin jahit akibat hiperinflasi yang terjadi. Sungguh, sebuah prestasi yang cukup membagongkan di akhir kekuasaan Bung Karno.

3. haus darah segar

Masih ingat hadiah pesawat dari rakyat Aceh untuk Jakarta? kisah mengenaskan hadir dalam proses pembelian pesawat ini.

Kala itu, Bung Karno menghadiri undangan makan malam yang diadakan oleh para pengusaha asal Aceh, lalu ketika jamuan sudah selesai, tiba-tiba Bung Karno merengek dan berkata kepada para pengusaha itu kalau Bung Karno ingin dibelikan sebuah pesawat untuk keperluan delegasi, kalau tidak Bung Karno tidak akan pulang dari tempat itu, jika hal itu terkabul maka Aceh akan diberi hadiah istimewa, yaitu Aceh diperbolehkan untuk menegakkan hukum adat Aceh secara menyeluruh. Lalu dari tempat itu terkumpul uang sebesar 12000 dollar, angka yang sangat fantastis kala itu, cukup untuk membeli pesawat, lalu datang lagi bantuan dari rakyat Aceh, sehingga mampu membelikan Pusat 2 buah pesawat. Lalu akar masalah timbul, Bung Karno berubah pikiran, beliau berkehendak agar seluruh tanah Indonesia hanya memakai sistem hukum Undang-Undang, kemudan diadakan sebuah misi rahasia untuk Aceh, beruntungnya ada sebuah dokumen dari Pusat yang bocor, dokumen dari Jakarta itu tertulis bahwa ada 300 tokoh yang wajib dibunuh, termasuk di dalam juga ada nama ulama kharismatik bernama Daud Beureuh, dokumen ini muncul akibat desas-desus mengenai rakyat Aceh akan memberontak. Pihak Aceh yang mengetahui dokumen tersebut memantapkan diri membentuk gerakan DI-TII cabang Aceh dan mengumumkan perlawanan rakyat Aceh terhadap pusat. Yang lebih memalukannya lagi selama peperangan sembilan tahun, Pusat kalah melawan putra-putra Aceh. Akibat kekalahan inipun Bung Karno meminta maaf kepada rakyat Aceh dan khususnya kepada Daud Beureuh.

Selain itu, masih ada banyak kejahatan HAM lain dibawah pimpinan Bung Karno.

4. Pemimpin Diktator

Dengan keluarnya Dekrit presiden 5 Juli 1959 yang menyatakan bahwa Bung Karno adalah pemimpin seumur hidup, sudah cukup dibilang bahwa Bung Karno adalah pemimpin yang diktator, untungnya kebijakan Dekrit Presiden hanya bertahan sampai tahun 1966.

5. Pembungkaman lawan politik

Siapa lawan politik yang menjadi korban kediktatoran Bung karno? Banyak, mulai dari Sutan Shahrir, Tan Malaka, Buya Hamka (mungkin), sampai wakilnya sendiri yakni Bang Hatta, Bung Hatta bisa dibilang korban karena sudah tidak cocok dengan pemikiran politik Bung Karno. Puncaknya, beliau memundurkan diri dari jabatan wakil presiden.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan disini, selain banyaknya raport minus akan kepemimpinan Bung Karno, Bung Karno sendiri juga memiliki raport plus yang tak kalah banyaknya. Sebagai penutup mari kita panjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar menghapus dosa para pahlawan kita umumnya, dan khususnya dosa para pemimpin kita. Sebagaimana doa yang selalu kita panjatkan dalam setiap upacara "Ya Allah, hapuskan dosa para pahlawan kami.."

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarokatuh.

Shalom

Astungkara

Koreksi:

Untuk fakta nomor dua, hyperinflasi yang terjadi dimasa Bung Karo lalu mengakibatkan kenaikan harga barang 650x lipat itu tidak tepat, melainkan harga barang naik 6,5x lipat. Namun tetap saja, hyperinflasi ini menjadi salah satu sejarah kelam dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

Fakta nomor tiga, alasan kuat mengapa pemerintah Aceh akan memberontak karena dileburkannya prov Aceh ke Sumatera Utara, hal ini bertentangan dengan permintaan Aceh yang ingin mendapatkan hak khususnya. Les Hitam hanyalah pemantik "bom" pemberontakan Aceh yang saat itu siap meledak.

.

Jawaban belum sepenuhnya rampung, mari kita Open diskusi di kolom komentar sesuai dengan pertanyaan dan tema jawaban, yaitu Bung Karno, tanpa menghina dan mencaci beliau ⬇️⬇️⬇️

Edited: berhubung di Twitter ada tulisan yang sama persis yang dibuat oleh akun bernama Wang_Mwang, maka saya katakan, akun tersebut bukan milik saya. Tulisan ini belum final dan masih perlu banyak perbaikan sehingga saya mohon untuk sementara waktu tidak menyebarkan diluar platform Quora, Terimakasih.

Rewritten Content:
Hah? Bapak proklamator itu? Presiden pertama yang paling disegani barat itu? Allright, bagi kalian pemuja soekarno, harap bypass tulisan ini. Mengingat bung karno yang saya kenal bukanlah sosok bung karno yang saya baca dibuku sejarah nasional ri, sosok bung karno yang akan saya bahas disini merupakan sosok yang tidak terlalu baik dan tidak terlalu buruk. Ada beberapa literatur yang menceritakan undercover of soekarno dari beberapa yang saya baca, akan saya jabarkan beberapa hal negatif dibalik sosok soekarno

Oke, 1 2 three kita mulai

  1.  mandor romusha

    masih ingat buku sejarah lks sd yang menceritakan kekejaman romusha, siapa dalang yang mengajak masyarakat indonesia untuk ikut romusha? Yap, orang ini lah dalangnya. Gugurnya ribuan orang atas kerja paksa membuat nama soekarno menjadi hitam, paling tidak untuk kalangan sejarawan hingga saat ini, namun bung karno pada akhirnya mengaku menyesali kejadian tersebut dan perannya dalam mengerahkan rakyat indonesia dalam romusha serta mengatakan "aku yang mengantarkan mereka berlayar menuju kematian".
    Hyper inflasi

2.    hyper inflasi terjadi dipenghujung kepemimpinan bung karno, tepatnya ditahun 1960–1966, dalam turun waktu tersebut indonesia mengalami nilai inflasi yang mencapai angka 592%-650%. Bayangkan, hari ini kita beli gorengan a thousand rupiah, lalu 5 tahun kedepan harga 1 gorengan mencapai 650 ribu rupiah, mengerikan bukan? Bukan hanya rakyat biasa, bahkan mantan wakil presiden mohammad hatta juga merasakan dampak inflasi secara langsung. Disebutkan dalam literatur sejarah, bung hatta gagal membeli mesin jahit akibat hiperinflasi yang terjadi. Sungguh, sebuah prestasi yang cukup membagongkan di akhir kekuasaan bung karno.

3. Haus darah segar

Masih ingat hadiah pesawat dari rakyat aceh untuk jakarta? Kisah mengenaskan hadir dalam proses pembelian pesawat ini.

Kala itu, bung karno menghadiri undangan makan malam yang diadakan oleh para pengusaha asal aceh, lalu ketika jamuan sudah selesai, tiba-tiba bung karno merengek dan berkata kepada para pengusaha itu kalau bung karno ingin dibelikan sebuah pesawat untuk keperluan delegasi, kalau tidak bung karno tidak akan pulang dari tempat itu, jika hal itu terkabul maka aceh akan diberi hadiah istimewa, yaitu aceh diperbolehkan untuk menegakkan hukum adat aceh secara menyeluruh. Lalu dari tempat itu terkumpul uang sebesar 12000 greenback, angka yang sangat fantastis kala itu, cukup untuk membeli pesawat, lalu datang lagi bantuan dari rakyat aceh, sehingga mampu membelikan pusat 2 buah pesawat. Lalu akar masalah timbul, bung karno berubah pikiran, beliau berkehendak agar seluruh tanah indonesia hanya memakai sistem hukum undang-undang, kemudan diadakan sebuah misi rahasia untuk aceh, beruntungnya ada sebuah dokumen dari pusat yang bocor, dokumen dari jakarta itu tertulis bahwa ada 300 tokoh yang wajib dibunuh, termasuk di dalam juga ada nama ulama kharismatik bernama daud beureuh, dokumen ini muncul akibat desas-desus mengenai rakyat aceh akan memberontak. Pihak aceh yang mengetahui dokumen tersebut memantapkan diri membentuk gerakan di-tii cabang aceh dan mengumumkan perlawanan rakyat aceh terhadap pusat. Yang lebih memalukannya lagi selama peperangan sembilan tahun, pusat kalah melawan putra-putra aceh. Akibat kekalahan inipun bung karno meminta maaf kepada rakyat aceh dan khususnya kepada daud beureuh.

Selain itu, masih ada banyak kejahatan ham lain dibawah pimpinan bung karno.

Four. Pemimpin diktator

Dengan keluarnya dekrit presiden 5 juli 1959 yang menyatakan bahwa bung karno adalah pemimpin seumur hidup, sudah cukup dibilang bahwa bung karno adalah pemimpin yang diktator, untungnya kebijakan dekrit presiden hanya bertahan sampai tahun 1966.

Five. Pembungkaman lawan politik

Siapa lawan politik yang menjadi korban kediktatoran bung karno? Banyak, mulai dari sutan shahrir, tan malaka, buya hamka (mungkin), sampai wakilnya sendiri yakni bang hatta, bung hatta bisa dibilang korban karena sudah tidak cocok dengan pemikiran politik bung karno. Puncaknya, beliau memundurkan diri dari jabatan wakil presiden.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan disini, selain banyaknya raport minus akan kepemimpinan bung karno, bung karno sendiri juga memiliki raport plus yang tak kalah banyaknya. Sebagai penutup mari kita panjatkan doa kepada tuhan yang maha esa agar menghapus dosa para pahlawan kita umumnya, dan khususnya dosa para pemimpin kita. Sebagaimana doa yang selalu kita panjatkan dalam setiap upacara "ya allah, hapuskan dosa para pahlawan kami.."

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarokatuh.

Shalom

Astungkara

Koreksi:

Untuk fakta nomor dua, hyperinflasi yang terjadi dimasa bung karo lalu mengakibatkan kenaikan harga barang 650x lipat itu tidak tepat, melainkan harga barang naik 6,5x lipat. Namun tetap saja, hyperinflasi ini menjadi salah satu sejarah kelam dalam sejarah perjalanan bangsa indonesia.

Fakta nomor tiga, alasan kuat mengapa pemerintah aceh akan memberontak karena dileburkannya prov aceh ke sumatera utara, hal ini bertentangan dengan permintaan aceh yang ingin mendapatkan hak khususnya. Les hitam hanyalah pemantik "bom" pemberontakan aceh yang saat itu siap meledak.

.

Jawaban belum sepenuhnya rampung, mari kita open diskusi di kolom komentar sesuai dengan pertanyaan dan tema jawaban, yaitu bung karno, tanpa menghina dan mencaci beliau ⬇️⬇️⬇️

Edited: berhubung di twitter ada tulisan yang sama persis yang dibuat oleh akun bernama wang_mwang, maka saya katakan, akun tersebut bukan milik saya. Tulisan ini belum final dan masih perlu banyak perbaikan sehingga saya mohon untuk sementara waktu tidak menyebarkan diluar platform quora, terimakasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »