Tips Finansial yang perlu di lakukan bagi orang baru mendapatkan pekerjaan


 

 Berikut Tips Finansial yang perlu di lakukan bagi orang baru mendapatkan pekerjaan

Jangan takut keluar uang jika produktivitas meningkat.

Bedakan justifikasi membeli barang dan membohongi diri sendiri, ya. Saya pribadi orang yang tidak anti mengeluarkan uang demi kenaikan produktivitas, contohnya saya beli combination ponsel dan pc yang dapat memangkas waktu untuk processing vlog sekitar 5–6 jam dibandingkan pc lama saya. Hindari menjual waktu demi uang.

Tiap orang bisa memiliki pemasukan yang berbeda-beda, tapi masing-masing orang cuma punya 24 jam sehari. Artinya nilai 1 jam itu berbeda-beda bagi setiap orang. Belilah waktu dari mereka yang menjual waktunya lebih murah dari nilai waktu anda.

Meskipun saya mengatakan bahwa terkadang justifikasi membeli barang dan membohongi diri sendiri itu beda tipis, saya tetap akan menyarankan untuk tidak pelit pada diri sendiri,

 belilah barang apapun itu yang sudah lama anda inginkan.
Kesalahan terbesar saya waktu baru pertama kerja di priput adalah langsung nyicil apartemen. Kehidupan kerjanya tidak enak, cicilan terasa berat dan hasilnya kurang memuaskan (harga properti naik terus itu cuma berlaku sebelum 2018an beb), hasilnya saya sudah berpikir ingin mengundurkan diri begitu masuk tahun kedua kerja.

   
Kehidupan kerja itu adalah masalah jangka panjang, bukan masalah kebut-kebutan. Mesin yang dipakai untuk drag race ya memang kencang, tapi cuma bertahan three–4x balapan. Makanya hasilnya jadi seperti kawan sebelah yang baru dapat duit 70 juta di usia sebelum 25 tahun tapi pikirannya sudah kepengen bundir.

    Larinya memang cepat, tapi kagak tahan lama.

Kalau anda baru mulai bekerja, percayalah bahwa hiburan dan kepuasan diri itu penting. Biar nggak burnout. Anda kepingin beli barang bagus sejak lama, dan baru sekarang kesampaian untuk punya uang sendiri, ya beli saja, apalagi jika bisa dijustifikasi dengan poin pertama.. Misalkan anda kepingin fotografi, ya belilah kamera yang bagus kalau sudah uangnya sudah cukup, gunakan itu sebagai media hobi anda.. Mau beli baju bagus.. Beli! Jangan tampil kayak gembel, yang ada langsung dianggap remeh orang lain.

Setidaknya anda bisa mengapresiasi lebih pekerjaan anda, dan tidak capek.

Jangan langsung berpikir cicil properti.

Sudah sering sekali saya melihat orang yang baru mau bekerja, memaksakan untuk cicil properti entah lokasinya dimana. Saya tidak menyarankan hal ini, karena properti yang mampu dicicil mereka yang baru pertama bekerja itu biasanya kurang bermanfaat:

    lokasinya jauh, tidak menarik untuk disewakan, dan tidak laku dijual kembali.
    Awal karir umumnya kita masih berpindah-pindah, lucu banget orang nyicil rumah 10 tahun di usia 22 sedangkan dianya sendiri masih berpikir untuk loncat pindah perusahaan. Kalau rumah cicilanmu ternyata jauh dari perusahaan lain yang gajinya tinggi, apa mau keluar duit lagi untuk ngontrak?

Kalau anda sudah ikut aliran kaum mendang-mending yang gajian pertama sudah cicil rumah di narnia, tidak pernah membeli sesuatu yang profitable, mengusahakan transportasi yang sifatnya "pergi jam five pagi pulang jam 10 malam" demi menghemat sampai titik ekstrim dimana anda menjual waktu demi uang.. Wah, habis ngana.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »