Tips Gaya Hidup Minimalis di Era Digital

 

Sebelum kita membahas bagaimana cara untuk memulai gaya hidup minimalis , jawab dulu pertanyaan berikut :

Berapa media sosial yang anda miliki di ponsel anda?

Berapa media sosial yang crucial bagi anda?

Kalau anda memang mau memulai gaya hidup minimalis, saran saya mulai dulu hidup minimalis secara digital.. Hapus dulu media sosial yang tidak penting.. Saya hanya menggunakan media sosial instagram demi kebutuhan promosi vlog saja..

Facebook tidak saya gunakan lagi, kecuali cari unit di market. Linkedin tidak saya gunakan lagi kecuali semasa cari kerja, karena komunitas orang tambang sudah punya nomor kontak saya sekiranya memang ada pekerjaan yang ditawarkan.

Seperti screenshot dibawah, media sosial yang terinstall pada ponsel saya hanya wa, quora dan youtube. Instagram ada tapi di ponsel "kerja", yaitu siomay redminot 7 yang akan saya eksploitasi sampai titik darah penghabisan, demi kebutuhan tethering komputer, dan navigasi gps kalau sedang mengemudi.

    Saya tidak pakai tiktok, tidak pakai twitter, tidak pakai facebook.

Tethering komputer?

Ya, karena saya belum memasang wifi di rumah. Estimasi penggunaan internet saya adalah 60–70 gb sebulan, tapi karena saya memiliki 2 nomor, maka tetap saya harus mengeluarkan kira-kira ekstra eighty ribu rupiah tiap bulan untuk membeli kuota pada 2 nomor ini, karena sesekali saya harus pergi keluar kota. Wajib punya kuota net.

Akhirnya saya memutuskan untuk tidak memasang wi-fi terlebih dahulu, dan membeli paket internet dengan total sekitar 2 hundred ribu sebulan untuk kedua ponsel. Tadinya saya membayar 360rb sebulan (1st med) ditambah eighty–ninety ribu untuk paket internet bulanan kedua nomor saya.

Toh kuota saya baru terpakai banyak jika uploading vlog ke youtube. Untuk penggunaan sehari-hari seperti browsing quora atau jual beli market, saya tidak terlalu butuh kuota yang banyak.

Minimalis digital ini saya terapkan lebih lanjut sampai ke pengaturan folder, dimana saya menyimpan information dan application di storage eksternal. Misalkan satu ssd saya isikan vlog youtube dan instal vlc, jadi saya baru memakai vlc ketika garage terhubung. Garage tidak terhubung, maka vlc juga tidak muncul di laptop saya.

Kenapa saya menyarankan untuk minimalis secara digital terlebih dahulu? Karena bagi saya, ini cara paling mudah untuk mengubah pola berpikir tanpa harus mengubah gaya hidup. (Sumber Quora)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »